Cara Menghapus Background Putih Di Coreldraw X7

3 min read

Apakah kalian sedang mencari Cara Menghapus Background Putih Di Coreldraw X7? Jika benar, maka inilah tempat yang kalian cari-cari. Sebab pada pembahasan kali ini, kami akan memberikan tutorial Cara Menghapus Background Putih Di Coreldraw X7 kepada kalian.

Banyak sekali cara-cara yang dapat kalian lakukan untuk menghilangkan background di suatu gambar atau foto, di mana hal ini biasanya dilakukan memakai aplikasi edit foto tertentu.

Nah, apakah kalian sudah tahu? Bahwa sebenarnya, Corel Draw juga dapat kalian gunakan untuk menghilangkan background di foto.

Baca Juga : Cara Menambah Font Di Corel Draw X7

Meskipun pada dasarnya Corel Draw merupakan aplikasi untuk membuat gambar, tapi saat pemakaiannya, aplikasi ini dapat kalian pakai untuk melakukan editing sederhana di gambar yang sudah ada.

Maka dari itu, di kesempatan kali ini, saya akan membagikan sedikit informasi tentang cara menghilangkan background di foto memakai Corel Draw. Berikut pembahasan-nya.

Cara Menghapus Background Putih Pada Objek Foto

Pada pembahasan kali ini, kami sudah menyiapkan contoh gambar yang nantinya akan dihapus backgroundnya, kalian juga bisa menggunakan background ini untuk belajar:

Tutorial Cara Menghapus Background Pada Gambar

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan sebelum menggunakan Corel Photopaint yaitu mengubah objek gambar tersebut menjadi bitmap yang terdapat di atau sering disebut dengan Convert to bitmap, Apabila hal tersebut tidak dilakukan ketika mengedit dengan Photo-paint, maka background putihnya nanti tidak akan hilang.

  • Langkah pertama yang bisa kalian lakukan yaitu mengklik atau “seleksi object gambar yang mau kalian hilangkan backgroundnya, di Menu Bar kalian bisa memilih sub menu Bitmaps serta klik “Convert to Bitmap”.
Tutorial Cara Menghapus Background Pada Gambar
  • Jika sudah kalian klik, maka nantinya akan muncul kotak perintah seperti yang ada dibawah ini, Kalian juga perlu memberi centang di pilihan “Transparent background” seperti gambar di dibawah ini:
Tutorial Cara Menghapus Background Pada Gambar
  • Selanjutnya di bagian “Property bar”, kalian bisa mengklik “Edit Bitmap”, jika sudah, maka nantinya otomatis akan diarahkan langsung ke Corel Photo-paint contohnya seperti tampilan dibawah ini:
Tutorial Cara Menghapus Background Pada Gambar
  • Nah, di “Toolbox Corel Photo Paint” kalian bisa mencari “Tool Magic Wan Mask” atau kalian juga bisa mengklik tombol (W) di keyboard untuk mengaktifkannya:
Tutorial Cara Menghapus Background Pada Gambar
  • Lalu arahkan serta klik “pointer mouse” di background putih untuk menghilangkannya, sehingga nantinya akan muncul garis batas putus-putus di warna putih bagian background, kemudian tekan tombol “delete” yang ada di keyboard maka background putihnya nanti akan terhapus seperti gambar dibawah ini:
Cara Menghapus Background Putih Di Coreldraw X7
  • Langkah terakhir yaitu pilih tombol “Save (Ctrl+S)”, Lalu kalian bisa balik lagi ke aplikasi Coreldraw untuk memastikan apakah background tersebut sudah terhapus. Apabila kalian sudah benar-benar yakin, maka kalian bisa menutup aplikasi Corel Photo-paint nya lalu kalian bisa meletakkan hasilnya atau bisa juga memberi background apa saja, berikut contohnya.
cara membuat background transparan di corel draw x7

Menghapus background tanpa software

Karena untuk menghapus suatu background sudah menjadi keperluan, maka terdapat beberapa developer yang sudah mengembangkan tool online untuk menghapus background tanpa perlu bantuan software apapun, jadi kalian cuma perlu upload gambar yang mau kalian hilangkan backgroundnya.

  • Pertama tama yaitu buka halaman web https://www.remove.bg
cara memisahkan background di coreldraw
  • Kemudian Upload Image lalu pilih foto yang mau kalian hapus backgroundnya, maka hasilnya nanti akan terlihat seperti gambar dibawah ini:
cara memisahkan background di coreldraw1
  • Untuk sementara tools tersebut hanya bisa kalian lakukan untuk menghapus background dengan objek manusia, Apabila kalian mau menghapus background dengan objek selain manusia, maka kalian bisa mencoba tool lain yaitu seperti https://burner.bonanza.com atau https://clippingmagic.com

Export to PNG

Untuk type format yang transparan atau tidak ada warna background, maka kalian bisa menimpan atau export filenya menjadi PNG (Portable Network  Graphics)”.

  • Caranya cukup mudah, yaitu dengan menyeleksi objek yang nantinya akan di simpan itu terlebih dahulu dengan memakai “Pick tool” yang terdapat di toolbox.
  • Selanjutnya kalian bisa klik menu File lalu klik pada Export, atau kalian juga bisa menggunakan shortcut Ctrl+E di keyboard.
  • Lalu nanti akan muncul box “Export”, apabila kita ingin menyimpan file tersebut menjadi type format PNG, maka nantinya type format tersebut akan menjadi “PNG (Portable Network)”.
  • Siapkan folder yang ingin kalian gunakan untuk menyimpan file tersebut  atau bisa juga membuka folder yang sudah ada. Selanjutnya berikan nama di file namenya misalkan logo PNG, kemudian kalian bisa mengubah type formatnya menjadi PNG “Portable Network  Graphics”.
  • Dan jangan lupa centang  atau pakai Selected only, sebab banyak objek yang terdapat di halaman ini, maka dari itu untuk menyimpan file tersebut dengan terpisah kalian bisa menggunakan cara seleksi objek. Lalu tekan tombol Export untuk melanjutkan ke tahap yang berikutnya.
  • Di tahap ini, kalian harus memastikan bahwa pengaturannya “Settings”  di bagian “color mode” yakni RGB dan di “Advanced” telah diceklist “Anti-aliased” serta “Embeded color”. Lalu, kalian bisa mengakhiri tahap “Export to PNG” itu dengan menekan tombol “OK”.
  • Kemudian kalian bisa melihat hasilnya di drive serta di folder yang telah kalian siapkan tadi, serta kalian bisa klik kanan di file “logo PNG” tersebut, dan klik di “Properties” selanjutnya lihat di type of filenya telah menjadi “PNG“.
  • File tersebut juga bisa kalian pakai untuk mendesain dengan background lainnya, sebab file ini telah dalam bentuk transparan atau logo yang tidak ada background.

Penutup

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan di pembahasan kali ini, semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian semua. Terima kasih dan selamat mencoba.

Rate this post