Cara Mengatur Resolusi Di CorelDraw X7

2 min read

Cara Mengatur Resolusi Di CorelDraw X7 – CorelDraw merupakan sebuah perangkat lunak desain berbasis vektor yang dipakai untuk membuat gambar dua dimensi. Contohnya seperti, logo, brosur, kartu undangan, serta segala jenis desain vektor lainnya.

Dari seluruh gambar desain yang pernah kalian lihat, pastinya kalian pernah melihat gambar yang terlihat jelas dan ada juga yang terlihat blur apabila diperbesar. Hal ini berkaitan dengan resolusi gambar atau foto.

Kemudian bagaimana cara mengatur resolusi gambar yang ada di coreldraw? Mungkin itu yang terdapat di dalam benak kalian kan? Apalagi jika kalian mengunduhnya dari internet, kebanyakan pasti mempunyai kualitas yang kurang bagus. Nah, jelas atau tidaknya gambar tentu berhubungan erat dengan resolusi.

Resolusi di dunia desain mempunyai pengertian jumlah pixel atau jumlah titik yang tersusun di suatu gambar. Jadi semakin banyak pixel di suatu gambar, maka akan semakin tinggi pula juga resolusinya.

Apabila gambar memiliki resolusi yang cukup tinggi, maka gambar itu tidak terlihat pecah jika kita perbesar. Apakah sampai disini kalian telah paham mengenai resolusi? Apabila kalian merupakan desainer pemula, maka ilmu dasar seperti resolusi ini sangat wajib kalian kuasai loh.

Di dalam desain, resolusi merupakan komponen yang perlu diperhatikan. Apalagi di dunia desain printing ini. Apabila kalian mengabaikan komponen resolusi, maka bisa-bisa desain kalian nantinya akan pecah saat dicetak. Apabila hal ini terjadi pastinya akibatnya akan sangat fatal.

Bukan cuma di dunia desain printing, Namun dalam mendesain digital juga gambar memiliki resolusi kurang bagus yang nantinya akan terlihat kurang menarik dan juga tidak terlihat profesional.

Apakah kalian sudah tahu bagaimana Cara Mengatur Resolusi Di CorelDraw X7? Jika belum, maka kalian bisa simak pembahasan yang ada di bawah ini.

Cara Mengatur Resolusi dan Ukuran File Gambar di CorelDraw

Tentunya kita sering melakukan kegiatan ataupun tugas yang berhubungan dengan komputer, sebab kita tidak bisa terlepas dari yang namanya kegiatan mengedit foto (editing).

Kegiatan editing adalah salah satu kegiatan yang sering dilakukan baik itu pada aplikasi editing foto maupun video. Terkhusus untuk sebuah kegiatan editing foto, saat ini telah banyak aplikasi atau software yang dipakai, misalnya seperti CorelDraw serta Adobe Photoshop.

Terkadang saat sedang mengedit sebuah foto, kita sering sekali menemui kendala, salah satunya yaitu ukuran file foto yang cukup besar, apalagi untuk gambar yang sudah diambil memakai kamera DSLR.

Baca Juga : Cara Membuat Tulisan 3D Di CorelDraw X7

Nah di kesempatan kali ini, kami akan memberikan tentang bagaimana mengatur resolusi serta ukuran file foto memakai aplikasi CorelDraw. Berikut yaitu beberapa langkah yang bisa kalian ikuti :

  • Langkah pertama yang bisa kalian lakukan yaitu membuka “CorelDraw” di perangkat PC / Laptop kalian.
cara agar gambar tidak pecah di corel draw
  • Kemudian buatlah file dokumen baru. Lalu “drag” atau masukkan gambar foto yang ingin kalian atur resolusinya.
  • Jika file foto sudah dimasukkan, maka selanjutnya klik file gambar itu serta pilih menu “resample bitmap”.
cara agar gambar tidak pecah di corel draw
  • Maka nantinya akan muncul menu kotak dialog “resample bitmap”. Di kotak dialog tersebut terdapat banyak sub menu untuk mengatur resolusi.
cara mempertajam gambar di coreldraw
  • Kemudian kalian bisa mengatur resolusi gambar sesuai dengan keinginan kalian (misalnya seperti contoh resolusinya diubah menjadi 100 dpi). Setelah diatur, maka kalian bisa melihat ukuran filenya juga yang ikut mengecil dan saat ini hanya menjadi 2,65 MB saja.
Cara Membuat Tulisan 3D Di CorelDraw X5.jpg
  • Ada juga untuk hasil foto yang telah diperkecil resolusi dan ukurannya yaitu sebagai berikut.

Apabila ukuran resolusi sudah kalian atur sesuai keinginan kalian, maka kalian juga perlu mengekspornya ke format file PNG atau JPG supaya hasilnya menjadi maksimal.

Apakah kalian sudah tahu bagaimana cara mengekspor gambar ke format file PNG atau JPG? jika belum maka kalian tidak perlu khawatir, sebab di bawah ini saya akan memberikan tutorial tentang bagaimana cara ekspor gambar ke format file PNG dan JPG.

Cara Export File CorelDraw Tidak Pecah

Untuk mengantisipasi gambarnya supaya tidak pecah, maka disini kita akan memberikan cara export file CorelDraw ke JPG dan juga PNG dengan benar. Maka dari itu ikutilah langkah langkah di bawah ini :

  • Langkah pertama yang perlu kalian lakukan yaitu buka file “CorelDraw” yang mau kalian export.
  • Kemudian di bagian menu File, kalian bisa memilih amu pilih tombol “Export”.
  • Atau agar lebih ringkasnya kalian bisa memakai tombol shortcut CTRL+E.
  • Selanjutnya pilih folder untuk menyimpan, rubah “Save as type” menjadi JPG atau PNG kemudian tekan tombol “Export“.
  • Ubah “Save As Type“ Menjadi JPG atau PNG dan Klik “Export”
  • Maka nantinya akan muncul dialog seperti ini, lalu kalian akan disuruh untuk mengisi format export sebelum gambar kalian jadi.
  • Ganti Quality menjadi “Highest”.
  • Lalu Centang “Maintain Size”.
  • Agar hasil gambarnya nanti tidak pecah, maka kalian harus memastikan bahwa kalian telah mengubah settingan yang paling tinggi di kotak “Resolution”, sebab semakin tinggi resolusinya maka nantinya semakin bagus hasil kualitasnya.
  • Jika sudah, maka kalian bisa pencet tombol “OK”.

Penutup

Demikianlah teman teman semuanya pembahasan kami kali ini tentang Cara Mengatur Resolusi Di CorelDraw X7. meskipun ukuran file yang ada menjadi lebih kecil dari pada aslinya, tetapi gambar yang dihasilkan juga tentu masih cukup tajam. Terima kasih dan selamat mencoba.