Cara Menambah Font Di Corel Draw X7

2 min read

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial cara menambah font di corel draw x7 yang bisa kalian praktekan di komputer atau laptop kalian. Terdapat banyak sekali cara yang bisa kalian pakai untuk menambahkan font di corel draw maka dari itu mari kita bahas sampai tuntas di dalam artikel ini.

Sebelum kalian menambahkan atau memasukkan font pada aplikasi corel draw, kalian perlu mencari dan download terlebih dahulu font yang menurut kalian menarik dan bisa membuat desain kalian menjadi lebih menarik.

Sebelum masuk ke pembahasan intinya, ada baiknya jika kita membahas tentang pengertian Font terlebih dahulu. Apakah kalian sudah mengetahui apa itu font? jika belum, maka kalian bisa simak pembahasan tentang Font di bawah ini.

Pengertian Font

Font yaitu salah satu elemen penting yang ada di corel draw. Sebab dalam penerapannya, program atau aplikasi corel draw ini banyak dipakai untuk membuat selebaran, logo, stiker, brosur yang didalamnya membutuhkan tulisan-tulisan unik dan menarik.

Sebenarnya di dalam komputer standar pun telah tersedia jenis abjad yang sering digunakan, Tetapi untuk menciptakan desain yang menarik terkadang kita memerlukan jenis abjad yang memang tidak terdapat di komputer bawaan.

Font juga termasuk salah satu bagian penting yang ada di aplikasi Corel Draw, sebab desain yang dibuat akan lebih menarik apabila font yang digunakan juga menarik. Corel Draw juga sudah menyediakan berbagai font unik yang ada di dalamnya. Namun apabila kalian memiliki font yang lebih menarik, maka kalian bisa memasukkannya. Dan pada kesempatan kali ini saya akan memberikan cara menambahkan font di Corel Draw x7 yang bisa kalian ikuti.

Cara Menambah Font Di Corel Draw X7

Di kesempatan kali ini saya tidak cuma membahas Cara Menambah Font Di Corel Draw X7 saja, Akan tetapi saya juga akan membahas tentang menambahkan beberapa font di aplikasi lainnya yang bisa kalian gunakan.

Di bawah ini yaitu beberapa langkah – langkah yang bisa kalian ikuti untuk Menambah Font Di Corel Draw.

Cara Instal Font Di Google Fonts

Terdapat banyak sekali situs di internet yang menyediakan font gratis dan juga berbayar. Pastinya sebagian besar dari kalian mencari penyedia font yang gratis kan? maka dari itu dibawah ini kami akan memberikan cara instal font gratis dari Google Fonts. Berikut cara instal font dari Google Fonts :

  • Langkah pertama yang bisa kalian lakukan yaitu membuka jendela “browser” kalian, selanjutnya buka “google fonts”.
  • Kemudian pilih font yang mau kalian “install”, lalu masukkan tiruannya dalam “koleksi” kalian. Saya sarankan jangan terlalu banyak menentukan, agar proses download berjalan dengan cepat.
  • Apabila fontnya sudah kalian pilih, kemudian klik tombol “Add to Collection”.
  • Selanjutnya ke Koleksi “font Google”
  • Kemudian pilih download “as .zip” file. Jika sudah, pilih dan ingat dimana kalian menyimpan filenya tadi, lalu mulailah proses “download”.
  • Tunggulah sampai proses download font selesai kemudian mulai dengan tahap selanjutnya: “Install Font” pada komputer

Teknik Menambahkan Font ke Microsoft Word

Apabila proses download sudah selesai simpanlah pada folder yang telah kalian pilih. Selanjutnya kalian bisa melakukan penginstalan font di windows dengan mengikuti cara dibawah ini:

  • Pertama tama kalian bisa membuka “folder” tempat kalian menyimpan file tersebut.
  • Lalu buka kompresi “file font, contohnya menggunakan “WinRAR”. Kemudian Klik kanan lalu pilih “extract here“.
Cara Menambah Font Di Corel Draw X7
  • Dari hasil ekstraksi tersebut, bukalah “folder” yang muncul di daerah font.
  • Selanjutnya klik kanan di file font” (yang memiliki ekstensi .ttf) kemudian pilih “Install
download font corel draw x7 gratis
  • Tunggu sampai instalasi selesai. Kemudian buka aplikasi yang nantinya akan kalian pakai, contohnya “microsoft word”.
cara instal font corel draw x7 gratis
  • Pada daftar “font microsoft word” tentu terlihat bahwa font tersebut telah terinstall. Kemudian kalian bisa langsung menggunakannya.
cara menambah font di windows 7
  • Jadi bisa disimpulkan, bahwa cara menambahkan font di komputer akan otomatis sama dengan menambahkan font di microsoft word.

Baca Juga : Cara Crop Bulat Di Corel

Cara Menambah Font Di Corel Draw

  • Pertama tama kalian bisa memilih “font” yang mau kalian gunakan di coreldraw kalian, kalian bisa mendapat fonts tersebut dengan mengunduh-nya di google atau bisa juga meng-copy nya dari “media storage” dan juga “cd”.
google fonts
  • Selanjutnya “copy file” tersebut dengan mengklik tombol “ctrl+c” di keyboard atau klik kanan pada mouse, kalian bisa meng-copy nya satu persatu atau banyak file sekaligus.
  • Lalu Masuk ke “folder Font” yang ada di sistem, yaitu dengan cara masuk ke “Local Disk (C:)” > “Windows” > “Fonts”
  • Kemudian paste dan instal font yang sudah kalian pilih di “folder Font“. Lalu tunggulah sampai proses instal selesai.
cara menambahkan font di corel draw 2020
  • Buka aplikasi “Corel Draw“, selanjutnya pilih “Text Tool”. Carilah nama font yang sudah kalian masukan tadi.
Text Tool corel draw
  • Jika sudah, maka font pilihan kalian sudah siap untuk bertempur menciptakan desain.

Penutup

Mungkin itu saja teman teman yang bisa kami sampaikan mengenai Cara Menambah Font Di Corel Draw X7 lengkap beserta cara instalnya, Semoga artikel yang sudah kami tulis ini bisa bermanfaat untuk kalian semua. Selamat mencoba.

Rate this post