Cara Membuat Tulisan 3D Di CorelDraw X7

2 min read

Apakah kalian sedang mencari Cara Membuat Tulisan 3D Di CorelDraw X7? Jika iya, maka kalian bisa simak pembahasan yang ada di bawah ini, yaitu tentang Cara Membuat Tulisan 3D Di CorelDraw X7 dengan sangat mudah.

Belajar membuat desain memang tidak membosankan, sebab kita dapat menemukan banyak hal yang baru disana. Dunia desain memanglah tidak mempunyai batasan yang jelas, pandangan desain yaitu diliputi dengan aroma Seni yang membuat desain selalu dapat berinovasi.

Nah, untuk kalian yang penasaran dengan Cara Membuat Tulisan 3D Di CorelDraw X7 maka kalian bisa langsung simak pembahasan yang ada di bawah ini. Berikut pembahasan-nya?

Cara Membuat Tulisan 3D Di CorelDraw X7

Selain dibuat dengan teks transparan serta warna-warni, suatu tulisan juga dapat kalian desain menjadi teks 3D dengan coreldraw. Desain teks 3d ini nantinya akan terlihat lebih menarik dan seperti nyata, sebab desain teks ini mempunyai ukuran panjang, tinggi serta lebar.

Desain teks 3D ini dapat kalian buat dengan corel draw versi X3, X4, X5, 11, 12 dan seterusnya. Menurut saya, untuk mendesain tulisan 3D memanglah cukup mudah, jadi saya disini memilih coreldraw 11 untuk mendesain-nya. Berikut ini merupakan Cara Membuat Tulisan 3D Di CorelDraw X7;

  • Langkah Pertama yang bisa kalian lakukan yaitu membuka “Coreldraw”. Di tutorial ini saya menggunakan corel yang versi X7, apabila kalian mempunyai Corel dengan versi yang lain juga tidak masalah. Selanjutnya buka dokumen baru seperti biasa. Kemudian pilih “Text Tool” di “toolbox”  atau bisa juga tekan “F8”. Selanjutnya tulis teks sesukamu.
  • Langkah berikutnya yaitu bukalah menu “Effect” > “Add Perspective. Selanjutnya bentuklah semenarik mungkin teks kalian dengan menariknya ke kanan bawah.
  • Selanjutnya kalian bisa klik “Interactive Extrude Tool” di “Toolbox”, kemudian di “Extrusion Type” klik seperti gambar di bawah ini.
cara membuat tulisan keren di coreldraw x7
  • Kemudian kalian bisa membuat buat efek 3D dengan mengklik text kemudian drag kearah bawah. selanjutnya atur “Use Color Shading”dan pilih warna. Di tutorial ini saya memilih warna putih dan 50% warna hitam.
cara membuat tulisan keren di coreldraw x7
  • Lalu kalian bisa membuat duplikat dari text tersebut dengan cara copy paste seperti biasa, selanjutnya hilangkan efek 3D dengan mengklik “Clear Extrude”.
  • Langkah berikutnya yaitu Copy Paste kembali text yang telah kalian hilangkan efek 3Dnya, lalu beri warna yang lain kemudian posisinya diatur sampai seperti gambar berikut. Selanjutnya kalian bisa seleksi keduanya kemudian “Trim Object”.
cara membuat variasi tulisan di coreldraw
  • Maka otomatis hasilnya akan seperti gambar di bawah ini. Langkah berikutnya yaitu letakkanlah di atas “text 3D” kemudian beri warna putih.
  • Kemudian berilah warna teks 3D yang sudah dihilangkan efeknya tersebut menggunakan “Smart Fill Tool”, kemudian warnai masing-masing huruf tersebut dengan warna putih.
  • Apabila sudah, maka letakkan kembali keatas teks 3D tersebut.
  • Langkah selanjutnya yaitu buatlah efek transparan di teks yang berwarna putih, yaitu dengan mengklik “Interactive transparency Tool”, Selanjutnya berilah efek transparan dengan Linear Mode pada kedua huruf tersebut.
cara membuat variasi tulisan di coreldraw
  • Langkah Berikutnya yaitu klik di “Bezier Tool” pada “Toolbox”, selanjutnya buatlah objek seperti gambar di bawah ini.
  • Kemudian berilah warna di bagian yang bersinggungan dengan objek 3D pada “Smart Fill Tool”, lalu lakukan di kedua huruf.
  • Selanjutnya buatlah efek transparan mode linier di objek yang barusan kalian buat.
  • Supaya terlihat menjadi lebih nyata, maka kita perlu memberi “efek bayangan”, yaitu dengan cara memblok seluruh objek 3D, kemudian Copy paste.
  • Klik hasil duplikat, kemudian pilih menu “Bitmaps” lalu “Convert to Bitmap”. Dan jangan lupa untuk centang pada bagian “Transparent Background“, lalu klik “OK”.
Bitmaps Lalu Convert to Bitmap
  • Selanjutnya kalian bisa klik kanan di bagian objek yang telah diubah menjadi bitmap, selanjutnya pilih Order > To Back of Page, lalu letakkan dibawah teks pertama tadi.
cara membuat tulisan timbul di coreldraw
  • Langkah terakhir yaitu dengan memberikan efek transparan mode linear di text bitmap, contohnya seperti gambar di bawah ini.
cara membuat tulisan timbul terbaik di coreldraw.jpg

Bagaimana? sangat mudah bukan? Dan apabila kalian masih merasa sedikit kesusahan, maka kuncinya yaitu teruslah berlatih supaya kalian terbiasa memakai aplikasi Coreldraw.

Penutup

Demikianlah teman teman pembahasan saya kali ini tentang Cara Membuat Tulisan 3D Di CorelDraw X7, semoga dengan adanya artikel ini kalian tidak menemukan kesulitan lagi, dan jika kalian masih menemukan sedikit kesulitan, maka teruslah belajar aplikasi coreldraw, agar kalian terbiasa menggunakannya. Terima kasih dan selamat mencoba.

1/5 - (1 vote)