Cara Membuat Peta Desa Dengan Coreldraw

2 min read

Hallo sobat bazisjakarta.id, Di pembahasan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana Cara Membuat Peta Desa Dengan Coreldraw dengan mudah, yaitu dengan menyiapkan menyiapkan icon, garis jalan raya, tanda arah panah, memberikan teks nama jalan, serta pembuatan latar belakang. Apakah kalian penasaran dengan langkah-langkahnya? jika iya maka simaklah pembahasan yang ada di bawah ini.

Membuat denah lokasi menggunakan software CorelDraw pastinya akan membuat kita lebih mudah serta lebih cepat dalam mengerjakan-nya. Sebab tools yang ada di CorelDraw mendukung kita untuk berkreasi dan menciptakan sesuatu yang bagus dan unik pastinya.

Nah, untuk membuat denah lokasi pastinya kita memerlukan contoh peta wilayah atau daerah lokasi yang ingin kita buat. Yaitu dengan membuka google maps lalu mencari daerah yang ingin kita gambar atau dengan cara membuat coretan di kertas dengan manual yaitu memakai pena atau pensil.

Apakah kalian semua sudah tahu apa itu peta atau denah lokasi? tentunya sebagian besar dari kalian sudah mengetahui hal tersebut, namun untuk kalian yang belum mengetahuinya maka jangan khawatir sebab di bawah ini kami akan menjelaskan pengertian peta untuk kalian. Berikut pembahasan-nya.

Pengertian Peta

Secara umum peta adalah data yang memberi gambaran wilayah baik itu kondisi geografis, wilayah sekitar, kondisi sosial media serta kondisi sarana-prasarana dan lain sebagainya. Dalam susunan peta desa, sebetulnya tidak perlu dengan peta yang berskala.

Karena dengan peta dasar yang terdapat di desa atau denah lokasi desa hasil dari masyarakat saja sudah bisa menunjukkan data wilayah sekitar kondisi kewilayahan. Tetapi peta desa yang berskala tentunya lebih membantu pada saat akan melakukan perencanaan dengan teknis seperti merencanakan pembangunan saluran air.

Apabila peta desa yang ada telah berskala, maka dengan peta tersebut kalian bisa menghitung berapa panjang saluran yang ingin kalian bangun sehingga nantinya akan memudahkan kalian dalam proses perencanaan.

Alan tetapi, sebetulnya ada yang lebih penting dari itu, yaitu substansi dari tersusunnya peta ialah sebagai media kontrol dalam proses perencanaan serta penganggaran yang terdapat di desa tersebut.

Contohnya di dalam peta menunjukkan bahwa tingkat kemiskinan yang paling tinggi berada di RT.02 / RW.2. Apabila dalam proses penganggaran konsisten pada proses perencanaan maka penganggaran desa tentunya fokus di wilayah RT.02 / RW.2.

Apabila penganggaran di desa tidak konsisten dengan mengingkari proses perencanaan yang dimana focus penganggaran di wilayah RT yang lain, maka masyarakat harus mengingatkan kepada pihak pemerintah desa. Titik paling kritis yaitu di saat proses penganggaran atau di saat penyusunan APBDesa.

Jangan sampai masyarakat telah berpartisipasi dalam perencanaan tetapi tidak mengawal proses penganggaran sehingga nantinya hasil tidak sesuai dengan yang diinginkan oleh masyarakat sekitar. Misalnya seperti Hitler, ia selalu menang saat pengambilan keputusan.

Baca Juga : Cara Membuat Tulisan 3D Di CorelDraw X7

Hal itu terjadi sebab ia mengambil keputusan saat seluruh peserta rapat sedang tidur. Hal tersebut sama saja seperti, masyarakat telah ikut berpartisipasi dalam proses perencanaan, akan tetapi masyarakat tidak terlibat dalam proses penganggaran, maka saat itulah masyarakat sedang tertidur.

Dan mungkin keputusan-nya nanti akan sangat berbeda dari yang sudah diharapkan. Sekali lagi, masyarakat jangan sampai tidur saat proses perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan penganggaran.

Cara Membuat Peta Desa Dengan Coreldraw

Apabila kita mendesain suatu undangan atau yang lainnya, maka pembuatan peta lokasi tentu sangat dibutuhkan. Tanpa berlama lama lagi langsung saja kita ke pembahasan utama yaitu Cara Membuat Peta Desa Dengan Coreldraw, berikut pembahasan-nya.

  • Langkah pertama yang bisa kalian lakukan yaitu membuka aplikasi Corel Draw selanjutnya pilih File > “New (Ctrl+N)” > kemudian di “Paper Size” pilih “A4”
  • Selanjutnya pilih “Freehand” (F5) di ToolBox lalu mulailah membuat pola di media kerja
Cara Membuat peta lokasi Di Coreldraw
  • Apabila sudah selesai polanya, lalu seleksi seluruh objek, kemudian Group (ctrl+G)” pilih outline “pen dialog (F12)” > lalu PilihWidth 12 Pt” > dan “Color Black” > jika sudah maka kalian bisa klik “OK”
cara membuat denah lokasi dengan corel draw
  • Copy objek tersebut kemudian Paste dan pilih pilih outline “pen dialog (F12)” > selanjutnya pilih Width 10 Pt” > dan “Color White” > jika sudah klik “OK”
cara membuat peta lokasi dengan corel draw
  • Tambahkan juga objek serta anak panah yang berfungsi untuk penunjuk arah jalan.
  • Selanjutnya pilih “Text” > “Checklist (Insert Symbol Character) (Ctrl+F11) di kanan corel Draw nantinya akan tampil Menu “Insert Character”
cara membuat peta dengan corel draw.jpg
  • Di font kalian pilih “Building/webding/wingding atau yang lainnya, apabila sudah muncul tinggal pilih “Drag icon” yang kalian inginkan.
Cara Membuat peta Di Coreldraw2.jpg
  • Langkah terakhir yaitu tambahkan keterangan memakai “Text Tool” (F8) serta tambahkan arah mata angin.

Sangat mudah bukan? nah itulah teman teman semuanya yang bisa kami sampaikan kali ini tentang Cara Membuat Peta Desa Dengan Coreldraw, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian semua. Terima kasih dan selamat mencoba.