Cara Membuat Flat Design Dengan Coreldraw

2 min read

Cara Membuat Flat Design Dengan Coreldraw – Apakah kalian pernah melihat melihat gambar yang seperti nyata tetapi hanya berbentuk 2 dimensi? Ya itulah yang disebut dengan Flat Design. Apakah yang dimaksud dengan Flat Design? Flat Design merupakan suatu teknik design sederhana tanpa memakai efek 3 dimensi, yang terfokus di tipografi, permainan warna serta ilustrasi 2 dimensi.

Gambar yang dibuat juga bermacam-macam, ada yang dibuat dengan bentuk tulisan, karakter kartun, logo, barang-barang elektronik dan masih banyak lagi yang lainnya. Fungsi design ini biasanya dijadikan background untuk mendesain, Namun ada juga yang menjadikan-nya banner, wallpaper, bahkan sebuah poster. Design yang unik namun sederhana ini tentunya bertujuan untuk membuat orang orang terpikat dengan Flat Design.

Apakah kalian penasaran bagaimana langkah-langkah untuk membuatnya? Jangan khawatir, sebab di pembahasan kali ini saya akan membuatkan tutorial Cara Membuat Flat Design menggunakan aplikasi CorelDraw untuk kalian. Kunci dari Flat Design ini yaitu permainan warna serta shadow tetapi tidak berlebihan.

Software yang akan kita pakai di tutorial kali ini tentunya CorelDraw. Buat kalian yang belum menginstalnya, maka kalian bisa menginstalnya terlebih dahulu. Terserah kalian mau menginstal versi berapa saja mulai dari CorelDraw X3, CorelDRaw X4, X5 dan bahkah versi terbaru sekalipun.

Baca Juga : Cara Mengatur Resolusi Di CorelDraw X7

Apabila kalian pemula, maka kalian bisa melihat tutorial ini. Tapi supaya kalian tidak menemui kebingungan dalam melakukan hal tersebut, maka saya sarankan untuk menguasai atau mengetahui tehnik-tehnik dasarnya terlebih dahulu.

Cara Membuat Flat Design Dengan Coreldraw

Tanpa berlama lama lagi langsung saja kita masuk ke pembahasan Cara Membuat Flat Design Dengan Coreldraw design flat di CorelDraw X7. Berikut Pembahasannya.

  • Pertama tama kalian bisa membuat persegi untuk backgroundnya. Buatlah ukuran sesuai keinginan kalian, apabila di tutorial saya membuatnya dengan ukuran 210 mm x 210 mm. Kemudian taruh persegi di tengah dengan menekan tombol P, yang berarti “Center of Page”.
Cara Membuat Flat Design di Coreldraw
  • Lalu klik objek persegi yang sudah kalian buat, selanjutnya tekan F11, maka nanti akan muncul pengaturan warna. Pertama tama kalian bisa memilih “Uniform Fill” (Warna Seragam), lalu pilih RGB, dan ketikkan “#89D6FB” (biru laut). Kalian juga bisa mengganti warna sesuai keinginan kalian.
Cara Membuat Flat Design di Coreldraw1..jpg
  • Sekarang kalian bisa buat badan roketnya memakai “Ellipse Tool”. Dari tool tersebut kalian bisa membuat lingkaran ataupun oval. Selanjutnya buatlah objek seperti gambar yang ada di bawah.
  • Kalian juga bisa memotong bagian bawah pada badan roket, Buatlah terlebih dahulu persegi panjang seperti yang sudah kami tunjukan dibawah dan atur posisi yang menurut kalian pas. Jika sudah, maka kalian bisa mengklik objek persegi panjang selanjutnya tekan Shift + klik objek badan roketnya. Untuk memotongnya kalian bisa pilih Trim pada “Property Bar”.
Cara Membuat Flat Design di Coreldraw3..jpg
  • Selanjutnya buatlah 2 persegi panjang dengan ukuran berbeda
  • Kalian dapat melihat perbandingan kedua persegi panjang itu di bawah ini. Atau mungkin kalian bisa berinovasi sendiri. Apabila kalian sudah membuat 2 persegi panjang, selanjutnya berilahi warna “RGB” dengan memasukan kode warna sesuai keinginan kalian.
Cara Membuat Flat Design di Coreldraw5..jpg
  • Selanjutnya buatlah segitiga dengan “Polygon Tool”, lalu atur banyaknya sudut menjadi 3 sudut serta ukuran seperti yang sudah tertera pada gambar dibawah.
  • Kemudian kita gandakan objek sayap kiri dengan cara menekan tombol “Ctrl + C” dan “Ctrl + V”.
  • Apabila sudah, maka kita bisa membuat “Mirror Horizontally” (Tanda Merah) serta posisikan ke kanan dan juga sejajar dengan sayap kiri.
  • Apabila sudah membuat dua sayap tadi, maka sekarang kita ubah posisinya di belakang badan roket. Caranya dengan klik kanan objek badan roket selanjutnya pilih Order kemudian pilih “To Front of Layer”.
Cara Membuat Flat Design di Coreldraw7....jpg
  • Sekarang giliran kita membuat kepala roket, yaitu dengan buat persegi panjang serta mengatur posisinya sesuai kebutuhan, yang penting pas serta presisi.
  • Kemudian pakailah “Smart Fill Tool” untuk memberi warna di kepalanya. Selanjutnya hapus persegi panjang tersebut.
  • Jika sudah, maka kita bisa membuat buat antena roket diatas kepala, Buatlah objek antenna menggunakan Rectangle Tool serta “Ellipse Tool“.
cara membuat icon flat design dengan coreldraw.jpg
  • Sekarang saatnya membuat kaca jendela pada roket, buatlah lingkaran memakai Ellipse Tool. Yaitu dengan menekan “Ctrl + drag & drop”.
  • Selanjutnya buatlah api roket memakai tool yang sama yaitu “Ellipse Tool”. Dan buatlah dua objek seperti gambar dibawah dan atur posisinya. Kemudian kalian bisa mengaktifkan keduanya serta pilih Weld untuk menggabungkan kedua objek tersebut.
  • Kemudian buatlah objek yang ketiga seperti yang sudah ditunjukkan di gambar dibawah memakai tool yang sama juga yaitu “Ellipse Tool”. Lalu atur posisinya ditengah.
cara membuat icon flat design dengan coreldraw1.jpg
  • Langkah terakhir yaitu blok semua objek yang telah kalian buat kecuali lingkaran tengah yang terdapat anak panah merah (karena objek itu mengandung outline). Selanjutnya hilangkan outline dengan memilih “None”.
cara membuat icon flat design dengan coreldraw2.jpg

Penutup

Nah mungkin itu saja teman teman semuanya, pembahasan yang dapat kami sampaikan kali ini, semoga artikel ini dapat membantu kalian semua dalam Membuat Flat Design Di Aplikasi Coreldraw, Tunggulah Update artikel selanjutnya dari kami yang membahas seputar coreldraw. Terima kasih dan selamat mencoba.