Cara Crop Bulat Di Corel

3 min read

Apakah kalian sedang berkeinginan untuk meng cropping sebuah gambar dengan siluet yang sangat unik, dan tidak tahu bagaimana cara melakukannya? Jika iya, maka kalian tidak perlu khawatir sebab pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Cara Crop Bulat Di Corel yang bisa kalian lakukan di komputer ataupun laptop kalian.

Selain memotong gambar fungsi corel draw lainnya yaitu kalian bisa menambahkan warna pada gambar dan kalian juga bisa memutar baik itu horizontal maupun vertikal gambar kalian.

Di dalam aplikasi ini untuk membuat sebuah lingkaran adalah hal yang cukup mudah, mungkin bagi sebagian orang yang tidak mengetahui langkah – langkahnya akan merasa kesulitan dalam melakukan hal ini.

Akan tetapi jika kalian mengikuti langkah – langkah yang sudah kami berikan di bawah ini, maka kalian dapat melakukan hal tersebut dengan sangat mudah.

Maka dari itu untuk kalian yang merasa kebingungan dalam mengcroping gambar di coreldraw, maka simaklah langkah – langkah yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Namun untuk kalian yang belum mengetahui apa itu coreldraw maka dibawah ini kami akan membahas sedikit tentang pengertian coreldraw.

Apa itu Corel Draw x7?

CorelDraw merupakan sebuah perangkat lunak desain berbasis vektor yang sering digunakan untuk membuat gambar dua dimensi. Contohnya seperti kartu undangan, brosur, logo, dan segala jenis desain vektor lainnya.

Kegunaan corel draw juga bisa mendesain grafis profesional serta ilustrasi teknis. CorelDraw merupakan salah satu aplikasi atau program pertama yang telah menawarkan kemampuan pengeditan dengan grafis vektor berwarna di komputer maupun laptop.

Grafis vektor lebih terpacu pada ilustrasi yang telah dibuat berdasarkan hubungan antara titik, yaitu garis dan juga kurva. Akan tetapi berbeda dengan software grafis raster yang membuat gambar berdasarkan piksel demi piksel, yaitu dengan menentukan lokasi dan warna pada titik.

Cara Crop Bulat Di Corel

Di kesempatan kali ini saya tidak cuma membahas cara crop foto menjadi bulat di coreldraw saja, Akan tetapi saya juga akan membahas tentang beberapa aplikasi editing foto lainnya yang bisa kalian gunakan.

Berikut beberapa langkah – langkah yang bisa kalian gunakan untuk meng cropping foto menjadi bulat.

Memotong Foto Jadi Bulat di Corel Draw

Terdapat 2 metode cropping yang bisa kalian gunakan untuk mengubah gambar menjadi bulat Corel Draw, yaitu dengan Magnify dan juga Intersect.

  1. Cara Crop Bulat Di Corel Draw Dengan Magnify

Di bawah ini kami akan menjelaskan langkah – langkah yang bisa kalian lakukan untuk meng cropping gambar dengan Magnify, yaitu sebagai berikut.

  • Pertama tama yaitu kalian bisa membuka software Corel Draw” dengan versi berapapun sesuai dengan program yang kalian gunakan.
  • Selanjutnya masukkan gambar atau foto yang mau kalian crop menjadi lingkaran. Yaitu dengan menekan tombol “Ctrl+I”.
  • Apabila sudah, kemudian tekan Ellipse tool”. Lalu buat lingkaran di dalam gambar objek yang ingin kalian potong berbentuk bulat. Jika membuat lingkaran, maka kalian perlu menekan Ctrl supaya lingkaran tersebut benar-benar berbentuk bulat.
  • Kemudian tekanWindows”, lalu pilih Dockers, masuk ke menu Effect dan Lens.
Cara Crop Bulat Di Corel
  • Pada menu Lens, kalian bisa memilih magnify” dan lakukan pengaturan “amount 1.0”. Jika sudah maka centang frozen.
Cara Crop Bulat Di Corel
  • Selanjutnya geser lingkaran tersebut kemudian lihat gambar yang sudah berhasil di edit.
Cara Crop Bulat Di Corel
  1. Cara Crop Bulat Di Corel Draw Dengan Intersect

Bukan cuma Magnify, Namun kalian bisa memanfaatkan tool Intersect di Corel Draw untuk meng crop foto menjadi bulat atau lingkaran. Berikut langkah-langkahnya :

  • Langkah pertama yaitu kalian perlu membuka “Corel Draw” kemudian masukkan gambar atau foto yang mau kalian edit. Yaitu dengan mengklik open”, atau bisa juga dengan “drag and drop” file ke Corel Draw.
Cara Crop Bulat Di Corel
  • Selanjutnya tekan “Ellipse Tool” atau “F7” pada toolbar di samping.
Cara Crop Bulat Di Corel
  • Kemudian bentuk lingkaran yang sempurna, dengan cara klik lingkaran dan tekan “Ctrl” di keyboard secara bersamaan.
  • Jika sudah, maka kalian bisa seleksi kedua gambar tersebut. Selanjutnya tekan “shift” dan tahan sambil menekan foto serta lingkaran. Selain itu, kalian juga bisa menggunakan tombol “Ctrl+A” asalkan tidak ada objek lain.
  • Kemudian kalian bisa memilih intersect” di Property Bar” untuk proses pemotongan.
Cara Crop Bulat Di Corel
  • Selain membuat gambar menjadi bulat, kalian juga bisa membuat gambar berbentuk lonjong atau oval.

Memotong Foto Jadi Bulat di Photoshop

Bukan cuma di CorelDraw saja, namun kalian juga bisa melakukan crop foto jadi bulat di Photoshop, melakukan crop foto di Photoshop ini bisa dikatakan cukup mudah bagi para pemula, sebab kalian cuma perlu melakukan beberapa langkah saja.

Oke, langsung saja simak panduan cara memotong foto jadi bulat di Photoshop berikut ini :

  • Langkah pertama yang bisa kalian lakukan yaitu membuka “Adobe Photoshop” di perangkat komputer atau laptop kalian, kemudian masukkan foto atau gambar yang kalian inginkan dengan mengklik “Open File”.
Ellipse tool
  • Selanjutnya Lakukan “double click” di layer apabila “new layer” sudah muncul silahkan klik “OK”.
  • Lalu pilih “Elliptical Marquee Tool” di “Toolbox” yang terletak di samping kiri.
Elliptical Marquee Tool
  • Selanjutnya tekanlah tombol “Shift” kemudian klik “drag” lalu tarik di bagian atas bidang gambar agar lingkaran menjadi bulat sempurna.
  • Jika sudah, maka kalian bisa “klik kanan” di foto atau gambar objek, Selanjutnya klik “Select Inverse”.
Select Inverse
  • Selanjutnya pilih “delete”, maka nantinya akan terbentuk potongan foto bulat sesuai keinginan kalian.
  • Sebagai metode tambahan, apabila sudah selesai maka kalian bisa crop memakai “Crop Tool”. Hal ini dilakukan supaya objek membentuk “square” atau bisa juga untuk membuang sisa objek.
Crop Tool
  • Apabila sudah, maka “save” dengan format “PNG” untuk menampilkan foto atau gambar transparan, atau bisa juga berbentuk PNG memakai background putih.
PNG Photoshop

Fungsi select inverse yaitu untuk membersihkan objek yang terdapat di luar lingkaran. Dengan begitu, apabila sudah di delete maka foto yang terdapat di luar cropping berbentuk bulat tadi nantinya akan terhapus. Akan tetapi jika tidak memakai invers, maka saat dihapus objek yang ada di lingkaran tadi akan menghilang.

Cara mengcrop foto menjadi bulat di Photoshop ini memanglah sangat membantu menambahkan objek tertentu dan juga menempelkan beberapa bagian objek foto di layer sekaligus. Apabila cara ini dirasa cukup sulit, maka kalian bisa memilih cara cropping memakai aplikasi yang lainnya.

Penutup

Nah, itulah cara memotong foto atau gambar menjadi bulat di Photoshop ataupun Coreldraw. Kalian bisa mencoba langkah langkah tersebut di komputer ataupun di laptop kalian sendiri.

Demikianlah pembahasan kami kali ini mengenai Cara Crop Bulat Di Coreldraw dan juga di Photoshop, semoga artikel ini bisa membantu kalian semua. Selamat mencoba. 

Rate this post